Diberdayakan oleh Blogger.


Cara mudah membuat window pada powerbuilder | Menjalankan Powerbuilder pertama kali | Belajar powerbuilder untuk pemula |

Hi mate,
karena saya nubie dalam powerbuilder jadi saya mau berbagi sambil belajar karena saya juga belajarnya dari bukunya pak feri djuanda, meskipun powerbuilder yang saya gunakan berbeda dengan yang dibuku :)
karena jujur saja kalau cuma dari buku susah juga kalau kita baru pertama belajar, apalagi jarang sekali di internet yang membahas powerbuilder untuk pemula seperti saya.
Saya menggunakan powerbuilder 9. kali ini saya mau sharig cara menjalankan Powerbuilder untuk pertama kali untuk nubie atau pemula.

Sebelum menjalankan Powerbuilder, anda buat dulu sebuah folder di C / D atau dimana saja terserah anda untuk digunakan sebagai tempat save nantinya, jadi file aplikasi yang anda buat nanti tidak berantakan. semisal saya membuat folder "PB9project" di D. Nantinya setiap saya akan save project PB maka akan saya save dalam folder tersebut.

Ok untuk menjalankan Powerbuilder Pilih menu Start > Program > Sybase > Powerbuilder 9.0 > Powerbuilder 9.0 pada komputer anda.

Setal itu kan muncul window yang kira-kira seperti gambar dibawah
Pertama-tama mari kita buat workspace baru, caranya yaitu pilih menubar "File" lalu pilih "new" kemudian pilih workspace pada tab workspace. Save dengan  nama terserah anda semisal example.pbw lalu save di folder yang kita buat pertama tadi.
Langkah berikutnya adalah membuat target di dalam workspace. Klik lagi menubar "File" Lalu pillih "new" dan klik tab Target dan pilih application. Klik tombol OK.
Masukkan nama aplikasi yang ingin kita buat semisal "example" lalu klik pada library dan target yang akan otomatis terisi. lalu klik tombol Finish
Sehingga akan muncul window system tree seperti berikut :
Jalankan Menubar "File" > "New" lalu pada window dialog klik tab "PB Object" dan pilih "window"
Jika anda ingin merubah sedikit tampilan buka menubar "design" lalu klik "show invisibles". Pilih lagi "design" lalu klik "option: atur "snap to grid" dan "show grid" masing-masing nilai X dan Y 4. Klik tab font pilih tipe huruf sesuai anda serta gaya dann ukuran terserah anda.

Klik kanan pada objek window  pilih properties dan isikan title "Test books182" sebagai judul window tersebut.
Klik tab "Other" dan set property widht 1989 dan Height 1100
Jalankan Menubar "insert" > "control" pilih "command button" lalu set propertynya, Name = cb_ok Text = OK > Tab Font : Textsize = 9 > pilih ukuran dan letak terserah anda.
Lalu tambahkan "static text" dari menu bar insert > control.
Set Propertynya Name = st_teks, Text = Books182.Blogspot.Com > Tab Font : Textsize = 14
Maka hasilnya akan seperti gambar berikut :
save window tersebut dengan nama w_books182.
Klik 2x pada command button OK atau cb_ok maka otomatis akan masuk ke menu script.lalu masukkan script pada event clicked : 
close(w_books182)
lihat gambar untuk lebih jelasnya :
Save lalu klik 2x pada objek aplikasi example yg di window system tree.lihat gambar :
isikan script pada event open : "open(w_books182)"
Simpan dan coba run aplikasi anda....
gimana sudah mau jalankan?
jika kita klik ok maka otomatis window akan menutup.
Well kita akan membahas cara membuat Menu di postingan berikutnya.
See you next post mate...mohon koreksi bila saya ada kesalahan terima kasih.

1 komentar:

  1. salam kenal,
    jika membutuhkan installer powerbuilder silahkan 
    mampir dan sedot installernya di blog saya
    https://zulmach.wordpress.com/powerbuilder-installer/

    regards

    BalasHapus