Diberdayakan oleh Blogger.


Hi mate, Disini saya akan membahas cara mengkoneksikan citect scada anda ke PLC. Biasanya saya menggunakan Ethernet namun dalam satu kasus saya harus mengkoneksikannya menggunakan RS232. Saya menemukan solusinya dan saya share disini sehingga bila ada yang mengalami masalah bisa menggunakan cara saya ini. Untuk ini saya menggunakan PLC scadapack357.
Pertama buka express wizard
Next sampai bagian Driver Pilih Shneider-electric  > M340 > Modbus/RTU

Next kemudian isi address = 1

Next Kemudian Pilih Com yang Terdetect

Kemudian Next Sampai Finish
Langkah selanjutnya masuk ke Citect Project Editor Pilih Tools > Computer Setup Editor
Tambahkan :
Section : MODBUS
Parameter : InitType
Value : 1

Kemudian Tambahkan lagi parameter di section MODBUS(parameter ini digunakan untuk membaca nilai floating point yang tidak terbaca di citect)
Section : MODBUS
Parameter : FloatMode
Value : 1


Close dan Save Lau kembali ke Citect Project Editor, Pilih Communication  > Boards Form
Isi seperti berikut :
Kemudian Pilih Ports Form (Untuk mengisi Ports Form anda harus tau nilai port setting di device yang ingin anda konek, jika menggunakan PC/laptop masuk ke device manager > Ports (COM & LPT) > Pilih COM yang digunakan lalu masuk ke ports setting.

Isi Ports Form sesuai Port setting

Jika sudah pilih I/O Device Form, karena saya menggunakan scadapack357 maka pada protocol saya menggunakan MODBUS, plc lain bisa berbeda seperti Schneider m340 menggunakan MODBUS30.
Isi juga address = 1

Jika sudah compile lalu jalankan…jika belum berhasil coba restart laptop /pc anda kemudian jalankan.

2 komentar:

  1. Dear, Pengelola Blog http://books182.blogspot.com

    kami dari asianbrilliant.com dan smartsukses.com
    ingin menawarkan kerjasama untuk memasang banner iklan kami di
    blog http://books182.blogspot.com

    mohon dikirim kontak person atau email yang bisa kami hubungi.
    ke email kami asianbrilliant.smartsukses@gmail.com atau ke nomor hp. 0821 2237 8550

    atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

    salam
    asian brilliant dan smart sukses

    BalasHapus
  2. kalu via ethernet gimana dari scada vijeo citect ke plc schneider.
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus