Diberdayakan oleh Blogger.


Cara membuat file executable atau EXE pada powerbuilder | cara merubah aplikasi powerbuilder menjadi file EXE

Hi mate,,,
kali ini saya akan sharing bagaimana cara membuat aplikasi yang anda buat menggunakan dengan powerbuilder menjadi sebuah file exe yang siap untuk dijalankan.
Langsung saja ikuti cara-cara berikut :

  • Jalankan Powerbuilder dan bukalah workspace yang sudah anda buat
  • Jalankan menu File > New, Kemudian muncul sebuah window dialog
  • Pilih tab project dan pilih aplication untuk membuat sebuah project. Klik OK
  • Pada layar akan tampil sebuah form untuk mempersiapkan proses compiling. Pada kolom "Executable File Name" ketiklah lokasi dan nama file EXE  yang akan dihasilkan dari target, semisal C:\PB9LAB\tester.exe.
  • Jalankan menu RUN > Full Build workspace. Untuk beberapa saat Powerbuilder akan mengcompile untuk menghasilkan sebuah file EXE.
  • Jika sudah selesai klik kanan filenya lalu deploy, sebuah file tester.exe akan muncul di folder PB9LAB(ini hanya contoh nama folder, jadi mungkin berbeda dengan anda)
Note: Perhatikan bahwa ketika anda akan mengcompile sebuah aplikasi, tidak boleh ada painter yang sedang dibuka saat itu - sebelumnya. pastikan anda telah menutup semua painter. Lamanya proses compiling sangat bergantung pada besar kecilnya aplikasi yang dibuat.

Apabila saat anda menjalankan file EXE tersebut mendapati kendala "...could not be found..." hal itu disebabkan file EXE tersebut membutuhkan runtime library powerbuilder yang tidak ditemukan pada folder bersangkutan. Untuk itu lihat artikel berikut untuk pemecahan masalah " CLICK HERE "
Pada beberapa kasus saat ingin memunculkan report jika powerbuilder tidak bisa muncul saat kita jalankan exe nya, anda edit properties exe tersebut centang "prompt for overwrite" dan rebuild ubah jadi "Full"
Ok sekian sharing kali ini, semoga berguna mate :)

0 komentar:

Posting Komentar